Kamis, 11 Oktober 2012

ANJANI

ANJANI


Dewi Anjani adalah putri sulung resi gotama, brahmana dari pertapan erraya/grastina, dengan Dewi Indradi/Windradi, bidadari keturunan Batara Asmara. Ia mempunyai dua orang saudara kandung bernama;Subali/Guwarsi dan Sugriwa/Guwarsa. Dewi Anjani berparas sangat cantik dan menarik hati. Ia memmiliki Cupumanik Astagina pemberian ibunya, hadiah perkawinan Dewi Indradi dari Batara Surya. Bila cupu dibuka di dalamnya akan dapat dilihat segala peristiwa yang terjadi di angkasa dan di bumi sampai tingkat ketujuh.

Pada suatu hari, Subali dan Sugriwa mempergoki Dewi Anjani sedang bermain dengan cupu tersebut. Karena tidak boleh meminjamnya, Subali dan Sugriwa mengadu kepada ayahnya, Dewi Anjani di panggil dan cupu diminta oleh Resi Gotama. Dewi Indradi yang tetap membisu tak mau mengaku darimana ia mendapatkan cupu tersebut, dikutuk Resi Gotama menjadi tugu batu yang kemudiaana dibuang ke udara jatuh ke wilayah negara Alengka.

Demi adilnya, upumanik Astagina dibuang ke udara oleh Resi Gotama untuk di perebutkan kedua putranya. Cupu jatuh di hutan pecah menjadi dua berubah menjadi telaga Sumala dan telaga Nirmala. Dewi Anjani, Subali dan Sugriwa yang masuk kedalaman telaga Sumala berubah wujud menjadi kera.

Untuk menebus kwsalahan dan  agar bisa kembali lagi menjadi manusia, atas petunjuk ayahnya,Dewi Anjani melakukan tapa Nyatika di telaga madirda. Dalam tapanya itulah ia hamil karena menelan "air kama"Batara Guru melalui slembar daun sinom. Dewi Anjani kemudiaan melahirkan jabang bayi berwujud kera putih ynag di beri nama Anoman. Beberapa lama saat melahirkan Anoman, Dewi Anjani mendapat pengampunan Dewa ia kembali menjadi putri cantik, dan di angkat ke Khyangan Kaindran sebagai bidadari

0 komentar:

Poskan Komentar